Minuman Tradisional, Jamu Kunir Asem

Pengalaman Membuat Jamu   

Hai, perkenalkan saya Agnisa Martin Safa'ati dari SMA N 1 PAMOTAN, kali ini saya akan menceritakan pengalaman singkat saya membuat jamu kunir asem.
 
  Kunir asem merupakan minuman tradisional indonesia, jamu yang sangat populer di masyarakat  yang diracik dari dua jenis rempah yang berbeda, yaitu kunyit dan asam Jawa. 

  Pengalaman saya pertama kali saat membuat minuman tradisional jamu kunir asem yaitu sangat menyenagkan karena saya bisa belajar dan mencoba sekaligus merasakan membuat jamu sendiri di rumah ternyata mudah dan bahan-bahan yang di butuhkan seperti kunyit, asam jawa, gula jawa, gula pasir, air dan garam juga mudah di temukan di pasar, pembuatannya juga tidak terlalu sulit 
 1. Cuci dan bersihkan kunyit yang telah di sediakan dengan air hingga bersih kemudian di tumbuk atau di parut hingga benar-benar halus. Kemudian peras dan ambil sarinya saja.
2. Rebus sari kunyit tadi dengan air dengan mencampur asam jawa beserta gula jawa yang sudah tersedia.
3. Tunggu hingga cukup panas dan akan mendidih lalu masukkan  garam dapur dan aduk-aduk hingga benar-benar tercampur.
4. Saat baru mendidih langsung kompor dimatikan dan tiriskan. Maka jamu kunyit asem siap di sajikan. 

       jamu kunyit asam siap di sajikan 

  Rasanya asam tapi ada manis-manisnya dan tentunya banyak manfaatnya seperti Meningkatkan daya tahan tubuh, Mencegah risiko kanker, Meningkatkan fungsi otak, Menurunkan berat badan, Mencerahkan Kulit , Meredakan stres ,dan masih banyak lagi. 
Ini merupakan  pengalaman pertama saya untuk membuat jamu. Jadi, saya sangat antusias dan saya juga suka dengan aromanya yang khas. 

      Kita harus melestarikan jamu tradisional Indonesia agar minuman jamu Kunir Asam dan  jamu-jamu lainya dari warisan nenek moyang kita tidak hilang dan tidak dilupakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

perkenalan

Jajanan Keluarga